SPC Luna VX2 : Bertatahkan

Kepopuleran netbook memang dahsyat.
Data dari DisplaySearch menyebutkan, lebih dari 38 juta netbook terjual di seluruh dunia pada kuartal dua 2009 lalu. Fenomena inilah yang mungkin menjelaskan banyaknya pilihan netbook saat ini. Tidak cuma banyak, harganya pun boleh dibilang “banting-bantingan”.
Contohnya adalah netbook SPC Luna VX2 ini. Harganya cuma Rp. 3,4 juta, padahal komponen yang digunakan relatif setara. Prosesornya menggunakan Intel Atom N270, memori 1GB, harddisk 160GB, dan baterai Li-On 4400 mAh. Fasilitas standar netbook pun sudah tersedia di produk ini, mulai dari WiFi, slot memori, webcam, dan tiga port USB. Tidak ada Windows di netbook ini, tapi toh Anda bisa menggunakan sistem operasi berbasis Linux yang semakin bagus itu. Intinya, dengan harga segitu, SPC Luna VX2 adalah netbook yang terjangkau oleh banyak orang.
Penampilan netbook ini terlihat unik karena sisi belakangnya lebih tinggi dibanding sisi depan. Ini tidak lepas dari desain baterainya yang menonjol. Bagi kami, desain tersebut terasa nyaman karena keyboard terasa landai, meski bagi sebagian orang desain tersebut mungkin terlihat tidak “rapi”. Hal lain yang menonjol adalah adanya batu (seperti) permata di engselnya; mungkin untuk menghasilkan efek mewah di netbook ini. Namun dengan bahan casing putih yang terlihat ringkih, mewah bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan netbook ini.
Mengikuti tren paling mutakhir, netbook ini menggunakan keyboard tipe chiclet. Maksudnya, tombol berbentuk bulat seperti permen chiclet serta memiliki jarak yang renggang antar tombol. Ini membuat proses mengetik terasa cukup nyaman, meski ukuran tombol terasa agak kecil. Touchpad-nya juga agak lebar, dan cukup responsif menangkap gerakan jari kami. Sayang, touchpad tersebut belum mendukung multi-touch.
Karena menggunakan komponen yang relatif sama, performa netbook ini terlihat setara dengan netbook lain. Yang paling penting dicatat adalah daya tahan dalam mode baterai yang nyaris mencapai 4 jam; cukup bagus untuk netbook berbobot 1,2 kg.
Karena selama ini lebih dikenal sebagai produsen casing dan speaker, SPC mencoba memberi layanan purna jual yang lebih istimewa. Di situs resminya, SPC menyediakan layanan live chat sehingga Anda bisa berkonsultasi tentang aneka masalah. SPC juga memberikan garansi sampai 3 tahun untuk netbook ini.
***

Saat ini mungkin saat yang tepat membeli netbook. Dengan persaingan yang begitu ketat, para produsen netbook berani banting-bantingan harga, utamanya pemain baru seperti SPC ini. Dengan harga Rp. 3,4 juta, Luna FX adalah salah satu netbook paling murah saat ini. Meski begitu, netbook ini memiliki performa dan fasilitas yang tidak kalah dengan produk lain. Ditambah jaminan garansi 3 tahun, netbook ini adalah pilihan bagus jika Anda mencari netbook murah.

Spesifikasi SPC Luna VX2

Prosesor
Intel Atom N270
(1,60 GHz, Cache L2 512KB, FSB 533MHz )
RAM
1GB, DDR2-533 MHz
Chipset
Mobile Intel Calistoga-GME i945 GME
Kartu Grafis
Intel GMA 950
Harddisk
160GB SATA Western Digital
Optical drive
Tidak ada
Fasilitas
LAN, WiFi, card reader, USB (3), kamera Web 1,3 MP, port VGA, port mic, port headhone
Layar
10 inci, resolusi 1024×600 pixel
Kartu suara
Realtek HD audio output
Sistem Operasi
Baterai
Rechargeable Li-Ion 4400 mAh
Dimensi
26,4x21x (2,5 – 5) cm
Bobot
1,24 Kg dan 1,49 Kg (Kabel & Adapter)
Garansi
3 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp3.400.000
Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s