Cara Menggunakan Filezilla

Panduan ini memberikan gambaran singkat tentang cara menggunakan filezilla. Secara default Anda tidak perlu mengkonfigurasi filezilla, sehingga Anda dapat mulai langsung bekerja dengan program.

Menyambung ke server FTP
Quick Connect menggunakan bar

Untuk menyambung ke server FTP, masukkan alamat server ke dalam host bidang Quickconnect bar (yaitu domain.com – lihat gambar di bawah). Jika jenis server khusus seperti SFTP server, tambahkan protokol di depan alamat. Dalam kasus sebuah SFTP server, alamat memulai dengan ‘SFTP: / /’ (yaitu SFTP: / / domain.com). Masukkan port dari server ke lapangan pelabuhan jika bukan port default (21 untuk FTP, 22 untuk SFTP). Jika username / password yang diperlukan, masukkan dalam bidang yang sesuai, jika tidak anonim logon default akan digunakan. Klik pada Quickconnect atau tekan Enter untuk menyambung ke server.

Harap perhatikan bahwa Cepat Connect adalah untuk … koneksi cepat – sehingga tidak ada cara untuk mengedit daftar koneksi cepat yang menyimpan 10 entri terakhir. Untuk menyimpan nama server FTP anda harus menggunakan Site Manager, sebagai gantinya.

Quick Connect yang baik untuk menguji info login sebelum membuat manajer situs entri. Setelah Anda terhubung, Anda dapat memilih File -> “Salin koneksi saat ini Site Manager …” untuk membuat entri permanen. Biasanya terbaik untuk memeriksa informasi login Anda dengan Cepat Hubungkan sebelum membuat entri permanen.
Menggunakan Site Manager

Anda dapat menggunakan filezilla Site Manager untuk menentukan parameter situs tertentu dan menyambung ke situs FTP yang ditargetkan. Manager Situs memungkinkan Anda untuk menyimpan entri dan mengkonfigurasi lebih banyak parameter dari Quick Connect memungkinkan.
Kasus khusus: Server di LAN

Jika server Anda tersambung ke dalam rumah Anda LAN, maka tidak ada sebuah alamat (nama domain) karena Anda mungkin tahu dari Internet. Dalam LAN, anda hanya menggunakan alamat IP internal server PC. Dalam kebanyakan kasus, nama jaringan (nama komputer) akan melakukan juga. Jika server bersamaan pada PC sebagai Filezilla, Anda bahkan dapat menggunakan atau 127.0.0.1 localhost sebagai hostname.

CATATAN: Jika Anda menghubungkan dari luar LAN Anda ini tidak berlaku, Anda harus menggunakan eksternal (WAN) IP sebagai gantinya.
Menjelajahi di server

Setelah sambungan berhasil usaha, daftar file dan folder muncul di sisi kanan jendela utama. Folder aktif terdaftar di bidang edit di atas. Di bawah ini Anda akan melihat pohon direktori remote dan di bawah itu, isi dari folder jauh saat ini. Ada tiga cara untuk mengubah folder. Pertama, Anda dapat mengklik dua kali folder dalam daftar file. Kedua, Anda dapat mengubah folder aktif dengan mengklik salah satu folder dalam pohon direktori. Last but not least, Anda selalu dapat memasukkan nama folder ke kolom edit dan tekan enter. Anda akan melihat sebuah folder bernama “..” ditampilkan di hampir semua direktori. Folder ini memungkinkan Anda untuk pergi ke direktori induk folder aktif.

Berkas: Menavigasi-remote.png
Navigasi pada mesin anda

Navigasi pada mesin anda bekerja hampir seperti menavigasi di server. Sekarang folder lokal dan pohon direktori lokal ditampilkan pada sisi kiri jendela utama secara default.

Jika Anda memiliki struktur direktori yang sama pada komputer lokal dan server, Anda dapat mengaktifkan disinkronkan browsing. Ini berarti bahwa setiap direktori navigasi pada satu mesin ini telah diduplikasi di sisi lain.

Untuk mengaktifkan disinkronisasi browsing, membuat sebuah entri di Site Manager, dan pada tab Advanced, pastikan bahwa default direktori lokal dan remote default direktori memiliki struktur yang sama. Lalu periksa “menggunakan disinkronisasi browsing,” menyimpan pengaturan Anda, dan hubungkan.
Perbandingan direktori

Untuk segera melihat perbedaan antara file pada komputer lokal dan server, pilih View> Direktori Perbandingan, dan memilih salah satu “membandingkan ukuran file” atau “modifikasi membandingkan waktu.” (Anda juga menyembunyikan file identik dengan memeriksa pilihan itu.) Kemudian pilih “Enable.”

Anda akan melihat kode warna perbedaan antara salinan dari file yang sama pada mesin yang berbeda.
Mentransfer file

Anda dapat meng-upload atau mendownload file dengan mengklik dua kali di atasnya. Akan ditambahkan ke antrian transfer dan transfer memulai secara otomatis. Untuk mentransfer folder dan / atau beberapa file, pilih mereka dan klik kanan seleksi. Kemudian Anda dapat mengklik Upload / Download di menu popup.

Anda juga dapat menyeret file dari satu sisi dan menjatuhkan mereka di sisi lain. Untuk menambahkan file ke antrian sehingga mereka akan ditransfer nanti, pilih mereka, lalu klik Tambah ke Antrian dari menu popup. Anda mungkin juga menyeret file langsung ke dalam antrian. Klik pada Berkas: Proses-button.png antrian-tombol pada toolbar untuk memulai transfer.

Atau, Anda dapat mengklik pada file, lalu drag file (sebuah kotak ditambahkan ke panah kursor) ke folder di mana Anda ingin memindahkannya. Folder akan disorot bila Anda lebih dari itu. Lepaskan tombol mouse dan file akan dipindahkan ke folder.

Informasi terperinci mengenai aspek-aspek lain dari klien Filezilla dapat ditemukan pada halaman berikut:

* Nama file Filter

Catatan Transfer File

FileZilla FTP menggunakan beberapa sesi. Satu sesi akan digunakan semata-mata untuk mencari server. Sesi yang lain bisa digunakan untuk melakukan transfer file. Dengan cara itu, Anda selalu dapat mencari server bahkan selama transfer.

Sebagai contoh, di sini adalah mobil sederhana analogi: Anda memesan pizza dengan menggunakan telepon Anda (alias koneksi browsing), maka Anda menutup telepon. Kemudian pria pengiriman drive pizza di mobilnya ke lokasi (koneksi transfer). Sementara pizza mentransfer, Anda dapat menelepon orang lain, seperti misalnya garasi Anda karena mobil sendiri rusak;)
Mengurangi koneksi simultan untuk server dikonfigurasi tidak benar

Jika Anda mendapatkan 421 Terlalu banyak koneksi dari IP ini () kesalahan, server FTP adalah membatasi jumlah koneksi Anda. Bahkan ada server membatasi untuk satu koneksi pada satu waktu.

Solusi pilihan akan menghubungi server administrator dan mendorong dia untuk mengkonfigurasi server dengan benar (FTP menggunakan lebih dari satu sambungan dengan desain!). Tetapi jika Anda memerlukan akses langsung, ada solusi:

1. Buka Site Manager (File – Site Manager … atau tombol toolbar pertama)

2. Buat sebuah entri untuk server, masukkan semua detail yang Anda tahu, yang lebih tepat, semakin baik

3. Buka ‘Transfer Settings’ tab

4. Centang ‘Batasi jumlah koneksi simultan’ kotak

5. Masukkan batas yang diinginkan ke dalam ‘Jumlah maksimum koneksi’ field

Sekarang, jika Anda terhubung menggunakan Manajer Situs entri, koneksi akan sangat terbatas.

Catatan: Jika Anda membatasi koneksi ke 1 hanya, ada kekurangan utama: Anda tidak dapat menelusuri lagi server sementara transfer sedang berlangsung!
Troubleshooting
Re-mendaftarkan ekstensi shell (Windows only)

Terutama pada Vista hal ini bisa terjadi bahwa Drag & Drop gagal dan Anda mendapatkan pesan kesalahan yang menyatakan ekstensi shell tidak bekerja. Dalam hal ini Anda mungkin harus mendaftar ulang itu. Begini caranya:

1. Buka command prompt sebagai administrator. Ini penting!

Start Menu – All Programs – Accessories: Right Klik ‘Command Prompt’, pilih ‘Run as administrator’

2. Navigasi ke direktori program Filezilla. Contoh:

cd “\ Program Files \ Filezilla FTP Client”

3. Mendaftar ulang ekstensi shell.

Ketik ‘regsvr32 fzshellext.dll’ (tanpa tanda kutip tentunya)

4. Jika Anda memiliki 64bit OS, Anda perlu melakukan langkah tambahan.

Ketik ‘regsvr32 fzshellext_64.dll’ (tanpa tanda kutip juga)

Jika Anda mendapatkan jawaban ‘DllRegisterServer di … berhasil. ‘, kamu telah melakukannya (meskipun Anda mungkin masih perlu reboot komputer Anda).

Untuk lebih jelasnya silakan lihat di http://www.filezilla.com

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s